WhatsApp API untuk Bisnis Online di Shopee dan Tokopedia

Komunikasi Lebih Cepat, Penjualan Lebih Lancar WhatsApp API untuk Bisnis Online di Shopee dan Tokopedia

Ditulis Oleh

Daftar Isi

Bagikan artikel ini

Berjualan di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia memang menjadi pilihan utama banyak pelaku UMKM. Alasannya jelas, karena jangkauan pasar yang luas, sistem yang sudah terpercaya, dan proses transaksi relatif mudah. Tapi seiring meningkatnya pesanan dan pelanggan, muncul tantangan baru bagaimana mengelola komunikasi pelanggan secara cepat dan efisien?

Nah, salah satu solusi yang kini banyak digunakan adalah WhatsApp API, terutama bagi pelaku bisnis yang ingin membangun komunikasi lebih profesional, cepat, dan terotomatisasi.  Dalam artikel ini, Dazo memberikan tips untuk pengusaha bisnis online agar mempermudah menjalankan operasional bisnis dalam marketplace melalui WhatsApp API, simak ulasannya yuk!

Mengapa WhatsApp Penting untuk Bisnis Marketplace?

Saat ini WhatsApp merupakan aplikasi komunikasi paling banyak digunakan di Indonesia, dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif. Tidak heran jika banyak pembeli di Shopee dan Tokopedia yang lebih memilih menghubungi penjual lewat WhatsApp dibanding fitur chat bawaan marketplace. Kok bisa?

      • WhatsApp lebih cepat dibuka
      • Notifikasi yang masuk terlihat jelas
      • Interaksi terasa lebih personal
      • Bisa mengirim gambar, lokasi, dan video dengan mudah

Namun, jika masih mengandalkan WhatsApp manual (dengan admin yang membalas satu per satu), maka akan cepat kewalahan. Disinilah peran WhatsApp API menjadi solusi efektif bagi operasional bisnis. Namun sebelum itu ada baiknya berkenalan dahulu dengan WhatsApp API

Apa Itu WhatsApp API?

WhatsApp API (Application Programming Interface) adalah versi lanjutan dari WhatsApp Business yang memungkinkan bisnis mengelola komunikasi pelanggan secara otomatis, terstruktur, dan profesional. Dengan API ini, kamu bisa:

      • Mengirim pesan otomatis ke pelanggan
      • Menyimpan dan mengelola data pelanggan (CRM)
      • Menjawab pertanyaan dengan chatbot
      • Menghubungkan sistem WhatsApp ke toko online atau dashboard pesanan

Berbeda dengan WhatsApp biasa, API memungkinkan kamu membalas ribuan pesan sekaligus dengan sistem yang legal dan disetujui oleh Meta (induk perusahaan WhatsApp).

Manfaat WhatsApp API untuk Penjual di Shopee & Tokopedia

Otomatisasi Chat Pelanggan

Dengan WhatsApp API, kamu bisa mengirim balasan otomatis ketika pelanggan menanyakan status pengiriman, ketersediaan stok, atau ingin tahu nomor resi. Chatbot akan menjawab sesuai script yang kamu atur dan tidak harus menunggu jam operasional kerja ketika membalas pesan yang masuk.

Kirim Notifikasi Pembelian

Begitu pelanggan selesai checkout di Shopee atau Tokopedia, kamu bisa mengirimkan pesan otomatis ke WhatsApp mereka berisi:

      • Ucapan terima kasih
      • Detail pesanan
      • Estimasi pengiriman
      • Link untuk melacak paket

Ini memberi kesan profesional, informatif, dan membuat pelanggan merasa lebih diperhatikan.

CRM & Database Pelanggan

WhatsApp API bisa disambungkan ke sistem Customer Relationship Management (CRM), jadi setiap pelanggan yang pernah membeli akan tercatat datanya. Kamu bisa mengelompokkannya berdasarkan kategori: pelanggan baru, pelanggan loyal, atau yang belum repeat order.

Broadcast Promo dengan Izin Pelanggan

Mau promosiin produk baru atau kasih voucher eksklusif? WhatsApp API memungkinkan kamu kirim pesan massal ke pelanggan yang sudah menyetujui komunikasi (opt-in). Tentunya aman dan sesuai dengan kebijakan WhatsApp.

Sentralisasi Pesan dari Semua Channel dan Terhubung dengan Toko Online

Sebelum integrasi, Anda harus cek notifikasi dari Tokopedia, Shopee, dan WhatsApp secara manual. Namun, dengan integrasi, semua pesan masuk dari pelanggan e-commerce bisa langsung muncul dalam satu dahsboard, sehingga lebih mudah dikelola dari satu tempat.

Kalau Anda juga memiliki website toko online, WhatsApp API bisa diintegrasikan dengan alur checkout, sehingga pelanggan bisa langsung order dari website dan lanjut komunikasi di WhatsApp

Bagaimana Cara Mulai Menggunakan WhatsApp API?

WhatsApp API tidak bisa langsung diakses begitu saja dari aplikasi. Anda perlu mendaftar melalui penyedia resmi (official partner) seperti Dazo yang akan membantu proses verifikasi dan integrasi sistem.

Tapi tenang, sekarang sudah banyak penyedia yang membuatnya jadi mudah dan terjangkau, khususnya untuk UMKM.

Baca juga: Kelola Semua Pesanan di Satu Platform, Yuk Kenalan dengan Manajemen Pesanan Multi Marketplace UMKM

WhatsApp API, Sahabat Bisnis Marketplace

Berjualan di Shopee dan Tokopedia memang membuka banyak peluang. Tapi, untuk memaksimalkan potensi bisnis, kamu juga perlu mengelola komunikasi pelanggan secara lebih cepat dan efisien. Di sinilah WhatsApp API hadir sebagai solusi modern yang mampu meningkatkan kualitas layanan dan loyalitas pelanggan.

Jika Anda ingin mulai menggunakan WhatsApp API tanpa ribet, Dazo siap membantu. Dazo menyediakan layanan pembuatan toko online dan WhatsApp Bot AI yang dirancang khusus untuk membantu UMKM mengelola seluruh interaksi pelanggan, CRM, serta proses penjualan baik dari marketplace maupun website—dalam satu sistem yang praktis dan efisien.

Hubungi kami untuk membantu mengelola bisnis di marketplace Anda agar lebih baik, konsultasi gratis kebutuhan bisnis Anda dengan tim Ahli Dazo!

banner promosi dazo 2

Artikel Terkait